Kapolres Tulungagung Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Baitul Quds Sumbergempol




TULUNGAGUNG - Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, SH, SIK, MH bersama Forkopimda Tulungagung menghadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Baitul Quds yang diselenggarakan oleh Yayasan Raden Ja'far Shodiq Pondok Pesantren Panggung Tulungagung, bertempat di Desa Bukur Kecamatan Sumbergempol, Senin (28/02/2022). 

Selain Kapolres Tulungagung, turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Ketua Yayasan Ja'far Shodiq Pondok Pesantren Panggung Tulungagung KH. Mohammad Faturohman Syafi’i, Pengasuh Sepuh Pondok Pesantren Panggung Tulungagung, Ibu Nyai Hj. Asrori Ibrahim, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tulungagung KH. Samsul Umam, Camat Sumbergempol Abu Zen Nasta'in beserta unsur Forkopimcam Sumbergempol, Kepala Desa Bukur Juni, serta para Alim Ulama, tamu undangan dan Kepala Perangkat Daerah terkait.

Ketua Yayasan Ja'far Shodiq Pondok Panggung Tulungagung KH. Mohammad Faturohman Syafi’i dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya atas kehadiran Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dan Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE beserta unsur Forkopimda Kabupaten Tulungagung.

KH. Mohammad Faturohman Syafi’i juga menjelaskan, bahwa pembangunan Masjid Baitul Quds berdiri diatas tanah wakaf dari Bapak H. Surandi seluas 90 ru, dimana diwakafkan kepada Yayasan Raden Ja'far Shodiq Pondok Pesantren Panggung Tulungagung dengan estimasi biaya pembangunan masjid sekitar 3 Milyar Rupiah, yang diharapkan dapat dilanjutkan sebagai tempat pendidikan agama islam.

Sekedar informasi, bahwa bulan Syawal tahun kemarin Yayasan Raden Ja'far Shodiq Pondok Panggung Tulungagung juga mendapatkan tanah wakaf di desa ringinpitu yang sudah berdiri masjid, dengan nama masjid Al Hakim.

Sementara itu Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung, sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan terima kasih kepada Keluarga Besar Yayasan Raden Ja’far Shodiq Tulungagung yang punya kepedulian besar terhadap masyarakat dengan pembangunan Masjid Baitul Quds ini.

Sebagaimana kita ketahui bahwa membangun dan memakmurkan masjid adalah dua sisi yang tidak dapat dipisahkan.
Arti dari memakmurkan masjid adalah tidak hanya sekadar menyukseskan pendirian dan perbaikan fisik masjid, tetapi yang lebih mendasar adalah mengunjungi masjid untuk melakukan berbagai aktivitas ibadah demi kemakmuran masjid tersebut.

Oleh karena itu, Bupati Tulungagung berharap dengan dibangunnya masjid ini, juga diikuti oleh upaya untuk memakmurkannya dengan program-program keagamaan, seperti : pembelajaran Baca Tulis AlQur’an, Tahfizh Al-Qur’an, Majelis Taklim, Majelis Shalawat dan Dzikir, Peringatan Hari-hari Besar Islam dan lain-lain, sehingga masjid digunakan dengan berbagai fungsi bagi umat, dan takmir Masjid dapat memfungsikan Masjid sebagaimana mestinya dengan berbagai kegiatan yang ada tersebut.

Lebih lanjut, Bupati Tulungagung menghimbau kepada seluruh warga masyarakat, agar selalu menjaga kerukunan dan persatuan antar semua komponen bangsa dan juga menciptakan rasa damai dan aman dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa semakin hari, dinamikanya semakin tinggi, potensi konflik sosial yang mudah diprovokasi dengan adanya berita hoax dan juga ujaran kebencian yang beredar luas di media sosial.

Diakhir rangkaian acara, dilanjutkan dengan pemberian bantuan dan peletakan batu pertama secara simbolis oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dan Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto,SH, SIK, MH  beserta unsur Jajaran Forkopimda Tulungagung, yang diikuti para alim ulama serta pengasuh Yayasan Raden Ja'far Shodiq Pondok Panggung Tulungagung. (KOM - NN95 - Polres Tulungagung )